Wednesday 7 November 2012

0 Sejarah Komputer (bagian 1)

Date: Wednesday 7 November 2012 23:11
Category:
Author: Unknown
Share:
Responds: 0 Comment
Sejarah komputer merupakan topik yang sangat menarik. Sebelum belajar komputer lebih lanjut, ada baiknya kita menengok sejarah komputer terlebih dahulu agar kita bisa lebih menghargai proses perkembangannya.
Pengen tahu Sejarah Komputer? Mulai dari sini aja, dengan gaya khas Ulun kita akan membahas topik yang menarik ini, karena tidak ada seorangpun yang merasa pasti kapan dimulainya. Hal ini karena perkembangan komputer yang sangat cepat. Nah dalam seri tulisan ini, Ulun mengajak kamu semua untuk mengarungi mesin waktu dan melihat perkembangan sejarah komputer dari awal. Tertarik? Go a head icon smile Sejarah Komputer (bagian 1)

Awal Mula Sejarah Komputer
Komputer sudah cukup lama ada. Tahun 1951 adalah saat di mana komputer pertama dibeli untuk bisnis. Komputer sudah berubah sangat cepat dan membuat banyak orang sulit untuk mengikutinya.
Sebuah surat kabar pernah mencoba untuk menggambarkan seberapa cepat perubahan dalam teknologi komputer dibandingkan dengan industri otomotif sebagai berikut:

“Jika sebuah mobil dikembangkan dengan kecepatan perkembangan komputer selama 20 tahun terakhir, maka harga Rolls Royce hari ini akan kurang dari $3.00, mampu menempuh jarak 3 juta mil dengan 1 galon bahan bakar, memiliki kekuatan untuk menggerakkan kapal Queen Elizabeth II dan ukuran 6 buah mobil hanya sebesar sebuah PIN!”

Perubahan-perubahan ini telah terjadi dengan sangat cepat sehingga banyak orang tidak tahu bagaimana komputer modern dimulai dan bagaimana sejarah komputer tersebut dimulai.


Mesin Penghitung Pertama “Komputer”
Sejak jaman dulu, orang selalu harus berurusan dengan data dan angka. Pada awalnya mereka membuat simpul pada sebuah tali dan menulis tanda pada lembaran tanah liat untuk mencatat stok dan berdagang. Beberapa orang mengatakan bahwa ABACUS yang sudah berusia 5000 tahun adalah alat bantu penghitungan pertama yang sebenarnya.
Seiring dengan meningkatnya kompleksitas sistem pajak dan perdagangan, orang melihat bahwa dibutuhkan alat yang lebih cepat, handal dan akurat untuk menghitung dan menyimpan catatan.
Ok, kita akan lanjutkan tulisan mengenai sejarah komputer ini dalam posting berikutnya. Stay Tuned!
To be continued on Sejarah Komputer (bagian 2)


Artikel Terkait :



Post a Comment

Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Blog ini. Silahkan Tinggalkan Komentar Anda dengan Sopan dan Baik Agar Admin Selalu Lebih Semangat.