Wednesday 7 November 2012

0 Sejarah Komputer (bagian 4)

Date: Wednesday 7 November 2012 23:18
Category:
Author: Unknown
Share:
Responds: 0 Comment
Nah, kita sudah melihat bagaimana sejarah konsep awal komputer dimulai. Dalam tulisan ini kita akan melihat sejarah komputer modern pertama diawali. Siap ? Time machine engage….
Sejarah Komputer Elektronik Pertama
Sejarah Komputer elektronik pertama dimulai oleh ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). ENIAC adalah komputer digital serbaguna yang dibuat pada tahun 1946 oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly. ENIAC memiliki lebih dari 18.000 tabung hampa (yang digunakan sebagai pengganti switch mekanis pada mark I) dan 1000 kali lebih cepat dibanding Mark I. Dalam 20 detik, ENIAC dapat melakukan perhitungan matematis yang sebenarnya memerlukan waktu penyelesaian 40 jam jika dilakukan secara manual oleh kita. ENIAC dibuat saat Perang Dunia II dan tugas pertamanya adalah menghitung kelayakan sebuah desain bom Hidrogen. ENIAC adalah komputer sepanjang 100 kaki dengan ketinggian 100 kaki.

Sejarah Komputer Modern lainnya
Dalam sejarahnya, sebuah komputer modern diawali dengan pengembangan penulisan kode biner yang dilakukan oleh John von Neumann. Dialah yang memulai praktek penyimpanan data dan instruksi dalam kode biner dan mengawali menggunaan memori untuk menyimpan data dan program. Sebuah komputer yang bernama EDVAC (Electronic Dicrete Variable Computer) dibuat menggunakan kode biner pada tahun 1950. Sebelum EDVAC, komputer seeprti ENIAC hanya dapat melakukan satu tugas dan kemudian harus diubah susunan kabelnya untuk melakukan tugas atau program yang lain. Konsep penyimpanan beberapa program pada kartu lubang EDVAC sebagai pengganti proses perubahan perkabelan mengarah pada komputer yang kita kenal saat ini.
Perlu diingat bahwa meskipun komputer modern saat ini jauh lebih cepat dan lebih baik dibandingkan EDVAC pada masanya, namun komputer tersebut tidak mungkin ada tanpa pengetahuan dan kerja keras dari banyak penemu dan pionir. Jadi jangan sampai melupakan sejarah ya J.

Ok. Sampai di sini dulu perjalanan mesin waktu kita menjelajahi Sejarah Komputer.
Tulisan berikutnya akan bercerita tentang Perkembangan Komputer Masa Depan. Chek it out!
Setelah kamu ngerti tentang sejarah komputer, ada baiknya kalau kamu meningkatkan kemampuan kamu di bidang komputer dengan mempelajari berbagai bahasa pemrograman terutama yang terkait dengan internet alias pemrograman web. Saya sarankan agar kamu baca juga berbagai tutorial menarik tentang bahasa pemrograman seperti PHP, HTML, MySQL dan VB. Tentu saja masih di prothelon.com ini. Ndak usah ke mana-mana.
Kamu juga bisa baca tulisan menarik tentang Fungsi dan Aplikasi Komputer, yang akan menambah wawasan kamu tentang komputer dan lebih siap menghadapi guru ato dosen kamu di sekolah.
Jika kamu pikir artikel di sini menarik, sebarkan sama temen-temen kamu atau pasang link ke sini dari web site kamu atau copy aja tulisan ini dan jadilah Prothelonians sejati yang ikut serta membangun IT Indonesia.


Artikel Terkait :



Post a Comment

Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Blog ini. Silahkan Tinggalkan Komentar Anda dengan Sopan dan Baik Agar Admin Selalu Lebih Semangat.