Wednesday 7 November 2012

0 Pengenalan Komputer -2 : Fungsi & Aplikasi Komputer

Date: Wednesday 7 November 2012 13:58
Category:
Author: Unknown
Share:
Responds: 0 Comment
Perkembangan komputer saat ini sangat cepat. Kamu bisa baca sejarah komputer dan melihat perkembangannya. Nah, perkembangan komputer itu tentu saja mendorong munculnya berbagai macam aplikasi yang membawa manfaat bagi kita. Tulisan pengenalan komputer kali ini akan membahas beberapa fungsi dan aplikasi utama komputer saat ini.

Saat ini kamu pasti melihat ke arah Komputer yang sedang digunakan untuk browsing. Dan memang, untuk saat ini penggunaan komputer yang sangat populer adalah untuk akses Internet. Kamu pasti udah kenal banget dengan yang namanya browsing, chatting, e-mail dan googling kan. Pasti lah, karena itu adalah kegiatan di internet yang paling populer. Beberapa aplikasi lain yang berguna adalah transfer file yang disebut dengan FTP, File sharing yang biasanya buat ngebajak MP3 artis kesayangan kamu, dan remote operation (nah kalau yang ini berguna untuk menjalankan komputer kamu dari jarak jauh). Semua itu bisa dilakukan melalui internet dan komputer kamu tercinta ini.
Pekerjaan kantoran juga saat ini rasanya sudah sangat sulit untuk terlepas dari benda yang satu ini. Mulai dari mengetik surat, membuat tabel perhitungan, membuat database dan melakukan presentasi. Semua menggunakan komputer. Nah khusus untuk penggunaan kantoran seperti ini, software yang umum digunakan adalah keluarga Microsoft Office kayak MS-Word, MS-Excel, MS-Power Point dan MS-Access. Namun jangan salah lho, selain dari aplikasi kantoran berbayar dari Microsoft itu, saat ini sudah muncul aplikasi kantoran yang berbasis open source yang sama sekali tidak di bawah MS Office kemampuannya. Beberapa diantaranya adalah Star Office dan Open Office. Bahkan kamu bisa melakukan konversi dari file document langsung ke format PDF yang merupakan format distribusi dokumen standar saat ini dengan mudah tanpa perlu bantuan tambahan aplikasi apapun, cukup gunakan Open Office saja. Asik kan?
Nah, selain penggunaan yang umum tadi, komputer juga saat ini digunakan untuk berbagai aplikasi khusus yang dibangun untuk keperluan analisa data perusahaan, penelitian, produksi dan masih banyak kegunaan lain yang mungkin sangat sulit bagi kita untuk menyebutkan satu persatu.
Kemungkinan pengembangannya bisa dikatakan hampir tak terbatas. Suatu hari nanti, kulkas kamu di rumah bisa otomatis pesan sendiri persediaan makanan yang sudah habis lho.
 
Aplikasi komputer lain yang sangat populer dan tidak boleh ketinggalan disebut adalah GAME! Ya, perkembangan industri game saat ini sangat fantastis, dan merupakan salah satu sumber keuangan di dunia komputer yang sagat besar. Bisnis game ini merupakan bisnis raksasa lho, coba lihat aja di sekitar kamu, berapa banyak anak-anak yang tidak mengenal game? Hampir ndak ada kan? nah jumlah pengguna game yang sebanyak itu tentu saja merupakan pasar yang sangat potensial bagi para pengembang game saat ini.
Ok, sebenarnya masih banyak sekali fungsi dan aplikasi komputer yang ada, namun beberapa fungsi yang utama sudah kita bahas bareng di tulisan ini. Semoga menambah wawasan kita semua.
 


Artikel Terkait :



Post a Comment

Terima Kasih Sudah Berkunjung ke Blog ini. Silahkan Tinggalkan Komentar Anda dengan Sopan dan Baik Agar Admin Selalu Lebih Semangat.